Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Review danSpesifikasi Z3 Plus

Daftardigital.com - Setelah merilis SONY Z4 di Jepang pada bulan April 2015 kemarin tanpa kepastian kapan akan dirilis di luar Jepang, SONY memastikan bahwa tidak akan ada produk SONY Z4 yang dirilis di luar Jepang. Hal ini disebabkan karena secara mengejutkan SONY merilis SONY Z4 secara global dengan menggunakan merek dagang SONY Z3 PLUS yang tentu saja menjadikannya bagian dari rangkaian SONY Z3 yang sukses di pasaran itu.
Review danSpesifikasi Z3 Plus

Jika dilihat dari spesifikasi memang SONY Z3 PLUS ini memang mendapatkan upgrade di sana-sini, namun secara keseluruhan masih belum selevel dengan smartphone flagship besar keluaran kompetitornya seperti : Samsung GalaxyS6, Apple iPhone 6 atau HTC ONE M9. Hal ini yang membuat media menduga menjadi alasan kenapa SONY merilisnya sebagai produk aji mumpung kesuksesan SONY XPERIA Z3.

SONY merilis pernyataan pers yang sedikit memperkuat dugaan itu. Menurut SONY, mereknya sangat berpengaruh di Jepang dan masyarakat Jepang memiliki trend kebutuhan yang kuat untuk mendapatkan produk termutakhir secepatnya. SONY XPERIA Z4 itu adalah jawaban untuk kebutuhan pasar Jepang, bukan untuk pasar global. SONY juga mengatakan bahwa produk flagshipnya yang sudah pasti tidak akan menggunakan nama dagang SONY XPERIA Z4 secara global akan diluncurkan tahun ini juga. Kemungkinan besar dengan nama SONY XPERIA Z5 atau mungkin juga dengan nama yang baru, lepas dari Z Series.

Tidak sedikit media yang mencela SONY atas keputusannya merilis SONY XPERIA Z3 PLUS ini yang kabarnya akan dijual dengan harga Rp 10 jutaan. Mereka mengatakan bahwa keputusan SONY ini adalah keputusan yang akan merugikan perusahaan itu sendiri terutama dari segi ekonomis. Media mengatakan bahwa konsumen mungkin tidak akan tertarik pada SONY XPERIA Z3 PLUS karena mengetahui bahwa akan ada produk flagship SONY yang lebih mutakhir yang akan diluncurkan tahun ini juga. Para konsumen yang tidak sabar kemungkinan akan lari membeli produk kompetitor.

DESAIN
Secara desain tidak ada perbedaan mencolok antara SONY XPERIA Z3 PLUS dengan Z3 pendahulunya hanya sedikit lebih slim dan lebih ringan (karena pengurangan sedikit kapasitas baterai) yang mungkin tidak akan anda sadari meski anda sedang memegang keduanya. Cover bagian belakangnya terbuat dari bahan alumunium yang dilapisi lapisan kaca yang akan melindungi smartphone ini dari debu dan cipratan air.

LAYAR
Layarnya sedikit berbeda secara tampilan dengan Z3, namun SONY EXPERIA Z3 PLUS ini memiliki spesifikasi layar yang sama persis dengan kerapatan piksel 424 ppi dan resolusi 1080 x 1920 piksel serta layar sebesar 5.2 inchi.

DAPUR PACU
Jika Z3 menggunakan prosesor Snapdragon 801, maka SONY XPERIA Z3 plus ini menggunakan prosesor 64 bit Snapdragon 810, sama seperti yang digunakan HTC ONE M9. Untuk RAMnya, smartphone ini dibekali besaran RAM yang sama dengan Z3 yaitu 3 GB.

KAMERA
Tidak ada perbedaan antara Z3 dan Z3 plus untuk kamera utamanya yang sama-sama menggunakan kamera berkapasitas 20.7 MP. Sementara untuk kamera utamanya SONY XPERIA Z3 PLUS lebih mantap dengan kamera berkapasitas 5 MP yang merupakan peningkatan dari kamera 2 MP yang dimiliki Z3.

BATERAI
Seperti yang sudah dibahas di desain, terjadi pengurangan kapasitas baterai. Jika kapasitas baterai Z3 sebesar 3100 mAh, maka Z3 PLUS dibekali dengan baterai 2930 mAh saja yang tampaknya akan menjadi batu sandungan mengingat prosesor Snapdragon 810 memiliki reputasi boros listrik karena cepat sekali overheated.
0 Komentar untuk "Review danSpesifikasi Z3 Plus"

Back To Top