Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Cara membersihkan Data Pribadi pada Smartphone Android

Cara membersihkan Data Pribadi pada Smartphone Android – Penggunaan smartphone yang dilakukan sehari-hari tentunya akan membuat smartphone melakukan berbagai penyimpanan data seperti foto, catatan maupun data sampah ketika anda mengunjungi situs internet (Cache). Hal tersebut tentunya memiliki berbagai dampak yang salah satunya dapat mengurangi kinerja dari smartphone itu sendiri. Untuk itu, agar smartphone dapat bekerja secara optimal perlu dilakukan pembersihan secara rutin terhadap data yang tidak penting dan cache.

Cara membersihkan Data Pribadi pada Smartphone Android

Berdasarkan hasil riset perusahaan keamanan avast, ada beberapa jenis software yang sangat disarankan untuk digunakan pada perangkat smartphone anda karena software tersebut mampu membersihkan data pribadi dan cache untuk meningkatkan performa dan kinerja dari smartphone. Software apa itu? Langsung saja silahkan anda simak ulasannya berikut ini.

Cara membersihkan Data Pribadi pada Smartphone Android

1. Enkripsi
Enkripsi merupakan salah satu software yang disarankan untuk mengenskripsi perangkat sebelum anda melakukan penghapusan data (Wipe). Proses enskripsi ini akan melakukan pengecekan data yang ada pada perangkat smartphone anda untuk menguraikan enkripsi yang telah anda terapkan. Langkah-langkah untuk melakukan enkripsi yaitu masuk ke menu Setting > Security > Encrypt Phone

2. Data Palsu
Cara lain untuk membersihkan data yang ada pada smartphone anda yaitu dengan cara melakukan langkah tambahan atau memasukkan foto dan kontak palsu pada perangkat telepon anda.

3. Factory Reset
Factory riset merupakan salah satu cara untuk mengembalikan ke settingan standart pabrik. Untuk melakukan hal tersebut silahkan anda masuk ke menu Setting > Back Up and Reset > kemudian pilih Factory Data Reset. Namun terlebih dahulu anda harus mengetahui bahwa hal tersebut akan menghapus seluruh data yang ada pada smartphone anda. Untuk itu jika ada data penting sebaiknya anda selamatkan terlebih dahulu dengan cara membackup ke memori eksternal atau ke smartphone lain.

4. Factory Reset Lagi
Meskipun anda sudah melakukan factory reset, terkadang masih terdapat data atau konten yang biasa disebut konten palsu. Hal ini tentunya akan membuat anda sulit untuk membedakannya, untuk itu anda dapat melakukan factory reset sekali lagi.

0 Komentar untuk "Cara membersihkan Data Pribadi pada Smartphone Android"

Back To Top