Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Chip Helio X20 Mulai Dilirik Banyak Vendor Smartphone

Daftardigital.com - Selama ini pasaran chipset untuk smartphone nyaris dikuasai oleh Snapdragon yang diproduksi oleh manufaktur asal Amerika Serikat yaitu QUALCOMM. Namun sebuah kabar tidak sedap yang berkembang beberapa bulan ini mengenai produk paling ultimatenya : Qualcomm Snapdragon 810, membuat pabrikan-pabrikan smartphone besar mulai beralih ke prosesor dari pabrikan lain.

Chip Helio X20 Mulai Dilirik Banyak Vendor  Smartphone
Kabarnya Qualcomm Snapdragon 810 yang pertama kali dipasarkan dalam smartphone LG G Flex 2 memiliki masalah serius dengan overheatingnya yang ternyata cukup memberi pengaruh pada market meski kinerjanya sangat baik. Banyak user mengeluhkan smartphone mereka yang menggunakan prosesor ini menjadi cepat hangat lalu memanas jika aktif digunakan, tentu  saja hal ini menimbulkan sedikit kekhawatiran keselamatan bagi para pengguna yang takut jika smartphone berprosesor ini bisa meledak sewaktu-waktu.

Sayangnya pihak Qualcomm malah bersikap ofensif  menanggapi fakta ini. Awalnya mereka “menyalahkan” cara user menggunakan smartphonenya, sama seperti iPhone menyalahkan cara user menggenggam smartphone ketika muncul banyak keluhan soal penerimaan sinyal iPhone 4. Lalu belakangan Qualcomm malah melempar batu panas dengan mengatakan bahwa semua ini hanya isu yang diciptakan Samsung Electronics yang saat ini juga merambah produksi prosesor dengan prosesor Exynosnya yang terakhir ada di produk teranyar : Samsung Galaxy S6. Pihak Public Relation Qualcomm juga sempat mengumbar info bahwa LG, Motorola dan Sony akan tetap menggunakan Qualcomm Snapdragon 810 di produk-produk mereka yang akan segera dirilis tahun ini juga. Tampaknya semua strategi ini dilakukan Qualcomm untuk mempertahankan penjualannya sampai penerusnya yaitu : prosesor Snapdragon 820 diluncurkan.

Namun kerusakan sudah kandung terjadi, para pabrikan smartphone mulai mencari alternatif prosesor mantap lainnya dan pandangan mereka sama-sama terhenti pada chip prosesor produksi pabrikan asal Taiwan : Mediatek yaitu Mediatek Helio X20 yang baru diluncurkan awal bulan Mei 2015 ini untuk mengisi dapur pacu smartphone flagship mereka.

Banyak ahli teknologi smartphone berkata bahwa kemampuan chip Mediatek Helio X20 ini masih di bawah Qualcomm Snapdragon 810, namun para pabrikan smartphone tidak ingin para konsumennya menyesal membeli produk mereka karena berurusan dengan masalah overheating yang disebabkan oleh prosesor tersebut. Salah satu pabrikan besar yang kemungkinan akan menggunakan chip Mediatek Helio X20 dengan 10 inti (decacore) pada produk flagshipnya adalah pabrikan cina : Xiaomi dengan produk Mi5-nya.

Pihak Mediatek tidak tinggal diam melihat masalah yang dihadapi Qualcomm, mereka menggunakan kesempatan ini untuk berusaha mengambil alih posisi pertama yang diduduki oleh Qualcomm selama ini. Sebuah bocoran di internet menampilkan hasil uji coba perbandingan kerja Snapdragon 810 versus Helio X20 yang menyimpulkan bahwa Snapdragon 810 memang lebih cepat panas dibandingkan Helio X20. Kabarnya hasil coba ini merupakan hasil uji coba internal dari laboratorium Mediatek yang sengaja dibocorkan untuk memperkeruh suasana untuk mendapatkan keuntungan.

Kebenaran bocoran ini tidak bisa dipertanggungjawabkan mengingat kemungkinan besar hal ini berasal dari dalam dapur Mediatek sendiri, namun dilihat dari usahanya, nampaknya Mediatek sudah bersiap-siap mengambil alih posisi Qualcomm di pasar.

Tag : Berita, News
0 Komentar untuk "Chip Helio X20 Mulai Dilirik Banyak Vendor Smartphone"

Back To Top