Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

7 Fitur Apple Yang Jarang Digunakan

Daftardigital.com - Gadget yang dikeluarkan apple memang selalu memikat banyak perhatian, selain identik dengan  harganya yang mahal, apple juga selalu sukses memikat banyak pengguna dengan fitur andalan yang ada di dalam gadgetnya. 

Fitu-fitiur yang dikembangkan apple  untuk perangkat andalannya memang selalu menjadi trend, namun bukan berarti tidak ada yang gagal. Karena faktanya, ada beberapa karya dari apple yang menjadi mubazir dan seolah gagal untuk dapat menarik perhatian dari para pengguna.

7 Fitur Apple Yang Jarang Digunakan

Lalu apa saja fitur apple yang jarang dipakai para penggunanya ? simak ulasannya dibawah ini !

1.  Tap to Talk (iOS)
Ini merupakan fitur terbaru dari apple yang dirilis untuk iOS 8, fitur ini bekerja untuk mengubah cara komunikasi seseorang dengan gabungan antara pesan singkat dengan pesan suara. Untuk menggunakannya, pengguna harus masuk terlebih dahulu ke dalam message dan dekatkan iPhone ke telinga sampai terdengar suara berdenting, setelah itu pengguna bisa memulai berbicara pesan yang akan dikirimkan.  Cara lain yang bisa pengguna lakukan adalah dengan menahan sentuhan pada logo microphone yang ada didalam aplikasi message. Pengguna juga bisa berikirim foto dengan Tap to Talk dengn cara menahan sentuhan pada ikon kamera yang ada didalam aplikasi Message.

Suara yang diucapkan pengguna tidak akan berubah menjadi teks, tapi akan dikirim dalam bentuk file suara, dan sayangnya, fitur ini hanya dapat bekerja pada sesama pengguna iMessage saja, dan tentu untuk lawan bicara yang tidak menggunakan smartphone apple tidak akan bisa berkomunikasi menggunakan Tap to Talk.

2.   Launchpad (Mac OS)
Dengan menggunakan Launchap maka akan membuat aplikasi-aplikasi yang ada pada Mac akan tampil mirip dengan tampilan pada Smartphone. Namun sayangya, mesikun seluruh apilkasi ditampilkan, Mac bukanlah perangkat layar sentuh, dan tetap saja harus dijalankan menggunakan mouse dan trackpad.

Mac sendiri sebenarnya sudah memiliki fitur docking yang ada pada bagian bawah layar, dan pengguna pun lebih memilih menggunakan docking karena bisa berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi yang lain secara langsung.

3.   Reachability (iOS)
Reachability merupakan fitur baru yang ada pada iOS 8 yang dihususkan untuk iPhone 6 dan Iphone 6 Plus. Fitur ini dirancang untuk dapat mengisitirahatkan jari jempol pengguna saat lelah berusaha menjangkau ikon aplikasi yang dari ujung ke ujung layar.

Fitur Reachability akan otomatis bekerja pada sat pengguna menepuk layar iPhone dua kali, dan tanpa perlu menekan tombol Home. Walaupun fitur ini kelihatannya menarik, ternyata para pengguna iPhone 6 dan iPhone 6 plus cenderung menemukan fitur ini secara tidak sengaja dan parahnya, mereka tidak mengetahui mengapa dan bagaiamana cara menggunakan fitur ini.

4.   Notification (Mac OS)
Untuk dapat memberikan kenyamanan kepada para penggunanya, maka apple pun memberikan fitur dengan nuansa mirip smartphone. Fitur yang ada pada Mac OS ini sangat mirip dengan  iPhone yang  pada saat pengguna mengusap layar ke arah bawah.

Notification yang ada pada Mac ini akan berisi pemberitahuan email masuk, kalender, ramalan cuaca dan juga facebook. Tapi sayangnya pengguna lebih memilih diberitahukan dengan cara mengakses langsung melalui peramban dari pada melalui Notificatin Mac OS ini, misalnya seperti pemberitahuan dari email dan jejaring sosial facebook.

5.   Passbook  (iOS)
Passbook hadir dengan konsep ala dompet digital. Ada pengguna yang menyukai fitur ini namun ada juga pengguna yang tidak memakainya sama sekali. Passbook ini sebenarnya berguna untuk dapat menyimpan kupon, tiket nonton, sampai dengan boarding pass penerbangan.

Mestinya hal tersebut bisa membuat segalanya jadi sederhana, namun kenyataan pengguna akan disuguhkan dengan pengaturan aplikasi yang cukup rumit. Bagi yang menggunakan fitur ini, maka akan banyak menemukan dokumen-dokumen lama yang tersimpan didalam aplikasi tersebut dan hal ini mirip dengan struk bon belanja yang biasanya akan disimpan didalam dompet. Apple nampaknya masih mempunyai PR besar dengan fitur ini untuk dapat memperbaiki pengaturan kontennya.

6.   Air Drop (iOS dan Mac OS)
Fitur ini memang tidak ada yang salah, karena apple bermaksud memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi penggunanya untuk berbagi file. Fitur AirDrop ini memungkinkan penguna untuk membagikan segala file kepapa siapapun yang memiliki aplikasi AirDrop.

Namun kenyataanya, pengguna masih banyak yang lebih memilihi cara lama dalam membagikan file seperti menggunakan email, pesan instan, flashdisk, ataupun iMessage. Dan AirDrop pun menjadi fitur apple yang jarang digunakan oleh penggunanya.

7.   Gesture (Mac OS)
fitur ini sebenarnya sangatlah menarik untuk dapat mengendalikan Mac dengan cara yang menyenangkan. Pengguna bisa melakukannya dengan cara mengusap tiga jari keatas untuk dapat menampilkan daftar aplikasi yang terbuka, dan tiga jari ke bawah untuk untuk dapat menutup serta tiga jari ke kanan dan ke kiri untuk dapat menggsernya.

Sangat disayangkan karena fitur ini nyatanya jarang dipakai oleh penggunanya, dan seolah ini menjad fitur tersembunyi yang ada di Mac, tak banyak orang yang mengetahui keberadaan fitur ini, entah karena mereka tidak mengetahuinya atau karena mereka kebetulan menggunakannya tanpa tahu cara mengulangi nya lagi.

Pengguna pun masih selalu menggunakan cara klasik dengan menekan simbol hijau yang ada pada bagian atas jendela aplikasi untuk dapat memperbesar dan menekan simbol merah untuk menutupnya.

Itulah 7 fitur yang ada pada perangkat apple yang jarang dipakai oleh para penggunanya, bukankah dengan adanya fitur bisa mempermudah para penggunanya ? dan apakah anda salah satu pengguna dari perangkat apple ? sudahkah anda mengetahui dan menggunakan fitur tersebut ?
Tag : Apple, Berita, Review, Tips
0 Komentar untuk "7 Fitur Apple Yang Jarang Digunakan"

Back To Top