Berita Teknologi dan Gadget Terbaru

Snapdragon 808 dan 810, Prosesor 64 bit Pertama dari Qualcomm Segera Hadir

Qualcomm yang sering kita temui di berbagai smartphone high-end merupakan sebuah chip prosesor yang sangat terkenal di bidang mobile. Dapat dikatakan bahwa Qualcomm ini adalah produsen prosesor mobile terbesar di dunia saat ini. Terbukti dengan adanya chip kecil ini pada sebuah smartphone terkenal seperti Sony, Samsung, Nokia bahkan banyak smartphone lainnya. Kali ini Qualcomm akan merilis prosesor Snapdragon 808 dan 810 yang merupakan prosesor 64 bit pertama dari Qualcomm. Prosesor tersebut akan segera hadir dan mulai dipasarkan pada tahun 2015 mendatang.

Untuk Qualcomm Snapdragon 808 menggunakan dua core Cortex A57 serta empat core Cortex A53. Mungkin hal tersebut terdengar asing di telinga kita karena biasanya pada smartphone menggunakan core Cortex-A7. Cortex A57 adalah prosesor dengan kinerja ya sng tinggi dari ARM yang dirancang untuk memperkuat kemampuan Aplikasi komputasi mobile di masa mendatang, termasuk mendukung aplikasi 64 bit seperti komputer high-end, tablet maupun server.

Sedangkan Cortex A53 adalah prosesor berjenis ARMv8 yang sangat hemat daya dan mendukung aplikasi 32 bit maupun 64 bit sekalipun. Pada prosesor berjenis Qualcomm Snapdragon 808 ini mendukung GPU Andreno 418. Bahkan GPU tersebut jarang atau belum pernah kita dengar, namun kemungkinan besar GPU tersebut lebih bagus dari Andreno 330. Sedangkan Snapdragon 810 mendukung GPU berjenis Andreno 430.

Selain itu pada sebuah chip Snapdragon 810 juga mendukung video dengan resolusi 4k, serta mendukung jaringan LTE Cat 6. Sangat mengagumkan, karena LTE Cat 3 saja sudah begitu cepat apalagi LTE Cat 6. Selain itu juga didukung dengan bluetooth terbaru versi 4.1 serta memori high-speed LPDDR4 sementara untuk Qualcomm Snapdragon 808 mendukung memori high-speed LPDDR3. Untuk anda yang ingin tahu lebih mengenai perbandingan chip prosesor Qualcomm, anda bisa melihat gambar berikut.

0 Komentar untuk "Snapdragon 808 dan 810, Prosesor 64 bit Pertama dari Qualcomm Segera Hadir"

Back To Top